MUI Segera Keluarkan Fatwa Terkait Vaksin Covid-19 -->
Berita Fakta Dan Informasi Terkini Hari Ini

Seputar Berita Dan Informasi Terkini, Aktual Terpercaya Tersaji Secara Lugas. Menyajikan Informasi Aktual Dan Ulasan Menarik Untuk Semua

Cari Berita

Iklan

MUI Segera Keluarkan Fatwa Terkait Vaksin Covid-19

Orchid Media
Sabtu, 31 Oktober WIB Last Updated 2020-11-21T08:26:47Z

Jakarta,Orchidmedianews.com - Pemerintah tengah menyiapkan vaksin covid-19 dan menggandeng sejumlah kalangan, termasuk ulama berdasarkan Majelis Ulama Indonesia (MUI) buat memastikan kehalalannya. Sekretaris Komisi Fatwa MUI Pusat Asrorun Niam Saleh mengutarakan, kemarin, fatwa merupakan jawaban keagamaan atas kasus yang ada di tengah rakyat. Terkait dengan kasus covid-19, MUI telah tetapkan beberapa fatwa keagamaan sebagai upaya penanganan & memberi panduan bagi masyarakat saat pandemi ini.

Foto: MUI


Di antara fatwa-fatwa itu, Asrorun mengungkapkan diantaranya fatwa terkait dengan tata cara ibadah saat covid-19, fatwa ibadah bagi tenaga medis, dan fatwa pengurusan jenazah. "Untuk vaksin covid-19 fatwanya sehabis dilakukan proses pemeriksaan. Sekarang memasuki proses inspeksi," jelasnya.


Dia mengungkapkan, pihak Bio Farma yg akan memproduksi vaksin telah mengajukan proses sertifikasi halal ke MUI. MUI pun akan dilakukan audit lapangan demi kepentingan itu. "Tim audit insya Allah berangkat dalam 14 Oktober ini." Sebelumnya, wapres Ma'ruf Amin mengharapkan MUI menyiapkan fatwa tentang vaksin covid-19. 


Pasalnya, waktu ini pemerintah bekerja sama dengan sejumlah pihak untuk meningkatkan kecepatan ketersediaan vaksin tersebut. Dihubungi terpisah, Kepala Pusat Registrasi & Sertifikasi Halal Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama Mastuki mengemukakan, pihaknya diminta masuk tim bersama menggunakan kementerian/lembaga lain dalam penetapan kehalalan vaksin covid-19. 


"Ada Kementerian BUMN, Badan POM, Kemenkes, LPPOM, MUI, & lain lain. Kepala BPJPH juga aktif menjalin komunikasi dengan pihak Bio Farma," ungkapnya. 

Dia berkata, BPJPH berharap status kehalalan vaksin covid-19 secepatnya jelas bagi warga . Karena itu, sesudah pengujian vaksin selesai, segera berlanjut ke proses tunjangan profesi halal. "BPJPH siap & akan proaktif membantu proses tersebut." Mastuki menandaskan, proses sertifikasi halal untuk vaksin covid-19 nantinya sama dengan produk-produk lain.


Sumber: mediaindonesia.com

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Komentar

Tampilkan

Terkini

Olahraga

+